Minggu, 02 Desember 2018

Langkah - Langkah Sederhana WEB Server Local dengan Xampp


WEB SERVER


Pengertian web server adalah suatu aplikasi layanan data yang digunakan untuk menerima data atau informasi dari HTTP atau HTTPS pada client. Dan setelah itu kita mengirimkan kembali, namun bentuknya berupa sebuah dokumen berbasis HTML.
Cara kerja web server sebenarnya bisa dibilang agak rumit, tapi tak ada salahnya bila kita mengulasnya lebih dalam. Pada dasarnya, cara kerja web ini seperti sebuah mesin, dimana si mesin tersebut berfungsi sebagai wadah dari suatu software yang bekerja mengirim web page ke si user.
Fungsi utama web server adalah sebagai alat untuk memproses berbagai berkas yang diminta oleh klien, lalu memberikan respon dalam bentuk halaman web. Halaman website tersebut terdiri dari teks, gambar, dokumen, video, dan lain-lain. 
  • Contoh dari WEB Server ada beberapa, yaitu;
  1. Apache.
  2. IIS ( Internet Information Services ).
  3. Nginx.
  4. Lighttpd.
Dari pengertian tentang WEB Server diatas dimana saya akan membuat contohnya yang hanya mencakup local saja, pertama tama yang harus disiapkan adalah;
  1. PC/Laptop,
  2. Adanya aplikasi XAMPP pada PC/Laptop.
Langkah perrtama jika anda tidak memiliki aplikasi XAMPP anda dapat menginstalnya terlebih dahulu, lalu setelah diinstal open pada XAMPP lalu aktifkan pada mode Apache seperti gambar dibawah ini.


Setelah di start pada XAMPP nya maka akan muncul warna hijau yang bertuliskan Running, maka pada tahap start Apache anda telah berhasil.
Lalu langkah selanjutnya adalah kita masuk kedalam local hostnya pada XAMPP untuk memastikan sukses atau tidaknya mneeginstal XAMPP nya, kita masuk menggunakan aplikasi google chrome.


Setelah kita masuk seperti gambar diatas akan keliatan versi XAMPP nya yang kita gunakan.
Lalu memberikan ip address static pada PC/Laptop seperti gambar dibawah ini;


Setelah itu kita mencoba memindahkan file .html nya kedalam folder Xampp yang telah di install tadi, biasanya filenya terdapat di local disk (c:) -> Xampp -> htdocs -> nama file htmlnya yang akan di coba pada browser nanti.


Lalu seperti gambar diatas kita masukan saja alamat ip address kita pada browser nanti akan menampilkan file html yang telah di sisipkan pada folder htdocs.


Daftar Pustaka :


0 komentar:

Posting Komentar