Selasa, 01 November 2016

DIGITAL MUSIC

DIGITAL MUSIK




-  PENDAHULUAN

           Seiring perkembangan teknologi music, dengan cepat bermunculan berbagai inovasi dibidang ini. Serta semakin hari semakin banyak muncul inovasi dalam karya musical. Semakin berkeembangnya karya – karya musical semakin banyak unsur teknologi yang digunakan , sehingga muncullah tren music digital.

        Berkembangnya music digital di dunia music mendukung dan memudah kan pemain musik dalam berkreasi serta berkarya dengan baik. Dengan adanya musik digital pemain musik lebih mudah untuk menciptakan berbagai macam suara yang merdu dan indah untuk di perdengarkan oleh audien.

           Sebelum era digital yang belum berkembang seperti sekarang ini, pembuatan music membutuh kan dana yang cukup besar, karna untuk membuat sebuah lagu saja membutuhkan instrument music asli dan perlengkapannya serta studio yang besar. Oleh karna itu jaman yang berkembang seperti sekarang ini kita dipermudah untuk melakukan banyak kreasi didalam dunia musik terutama musik tanah air.


PENGERTIAN MUSIK

       Musik adalah suara yang di susun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat – alat yang dapat menghasilkan irama walaupun music adalah sejenis fenomena intuisi, untuk menciptakan, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni.

        Dimana melalui music kita dapat mengenal berbagai budaya di dunia ini, melalui musik juga kita dapat mengenal trend fashion dan gaya hidup dapat mempengaruhui masyarakat luas, dimana pada jaman sekarang semua manusia sudah bisa meniru pemusik kebanggannya.


PENGERTIAN INDIE

        Indie adalah istilah kata yang berarti independent yaitu sendiri, mandiri dan dapat berdiri sendiri, dimana pada indie ini pemusik atau band yang membuat sendiri mulai dari lagu, rekaman sampai penyebaran lagu mereka yang dilakukan secara mandiri, hal ini dikarnakan kurangnya biaya atau buget yang di miliki oleh seorang pemusik atau band tersebut, tetapi meraka tikak sembarangan membuat musiknya, walaupun kurangnya buget tetapi seorang independent tersebut mengasah kreatifan mereka untuk bermusik kedepannya.


-  SEJARAH TEKNOLOGI PEREKAMAN AUDIO

       Alat perekam pertama yaitu Phonoautograph ditemukan oleh scott, namun alat tersebut tidak dipakai untuk memproduksikan hasil rekaman tersebut. Sang penemu scott menggunakan alat yang bernama Phonautograph yang memindahkan gelombang suara ke dalam selembar kertas yang dihitam kan dengan asap lampu minyak, untuk memutar rekaman itu sendiri para ahli membuat alat pemindai digital berresolusi sangat tinggi. Dengan alat pemindai itu para ahli dapat membaca gelombang suara yang telah dihasilkan. Semakin tahun semakin maju juga perkembangan teknologi dimana pada akhirnya pengembang tape recording yang memnggantikan phonautograph, phonograph dan recording optical karna lebih mudah dan biayanya lebih murah, dan ada multitrack recording dan digital recording lagi yang semakin baru dan canggih dikarnakan perkembangan jaman dari tahun ke tahun semakin canggih dan modern, berikut alat perekam mulai dari yang lama hingga modern :

è TAPE RECORDING


           Perkembangan tape recording ini sangat bangus untuk perekaman suara dimana pada tape recording ini kita sudah dapa mengedit walaupun belum bisa mengedit seluruhnya, dimana dapat memberi efek fade in dan fade out bisa dilakukan, dan dimana jika ada kesalahan dapat ditambal atau diedit lebih mudah tanpa harus mengulang dari awal.

è MULTITRACK RECORDING

        Pada perkembangan multitrack recording ini dimana lebih canggih dari pada tape recording, pada multitrack recording adanya suara stereo dimana suara yang dihasilkan baik.

è DIGITAL RECORDING

                Pada jaman ini semuanya beda dengan jaman jaman yang aada pada sebelumnya dimana semua segala kemudahan ada pada jaman inin dengan semuanya sudah berupa file digital, musisi dan pemakaian computer biasa sudah bisa merekam dan mengedit materi digital dan me – mixingnya.


-  KUALITAS AUDIO DIGITAL

          Dimana pada perekaman audio banyak yang harus diperhaikan mulai dari kualitas sound card, kabel, mic dan instrument serta yang lainnya, jika tidak diperhatikan dan sampe proses akhir akan sangat fatal finishingnya nanti, dimana ada penentu kualitas rekaman digital audio yaitu yang pertama yaitu;

1.      Kualitas komponen ADC/DAC.
2.      Sampling Rate.
3.      Bit Depth.


-  PERANCANGAN LAGU

          Dimana pada perancangan lagu harus benar – benar diperhatikan step by step nya supaya hasil lagu yang dibuat sesuai dengan keinginan, ada beberapa step yang bener – bener diperhatikan yaitu ;

1.      Ide       ->         rancangan yang tersusun di pikiran.
2.      Tema   ->         suatu gagasan pokok atau ide pikiran tentang suau hal.
3.      Lirik    ->         dibuat dengan kata – kata yang mudah di cerna, agar mudah mengingat.

      Setelah perancangan lagu telah selesai dengan step nya masing – masing langkah selanjutnya ialah proses aransemen dimana pada proses ini terdiri dari pembuatan track untuk drum, guitar,bass, keyboard dan instrument pendukung lainnya, lalu proses berikutnya adalah proses produksi dimana pada proses ini proses yang dilakukan dalam rekaman disebut juga prosedur teknis rekaman dan terakhir yaitu proses pasca produksi dimana semua yang sudah diedit dimasukan kedalam CD yang nantinya akan di burnning terlebih dahulu.

            Dimana setiap proses pembuatan lagu tak luput dari propertis atau alat pendukungnya seperti ; drum, keyboard, guitar dan yang lainnya, oleh karna itu setiap alat musik memiliki irama masing – masing, jadi setiap alat musik memiliki stelan masing – masing agar menghasilkan suara yang indah, yang nantinya irama tersebut akan mengiringi vocal atau si penyanyi dalam pembuatan lagu.


-  MIXING

            Suatu aplikasi yang dapat merubah atau mengedit , dan menghasilkan suara sound yang enak untuk didengarkannya dan diperlukan penyelarasan sound dari  seluruh instrument yang sudah dibuat.


-  MASTERING

            Mastering merupakan tahap terakhir dimana lagu yang sudah jadi di olah lagi agar sound yang dihasilkan lebih halus dan tidak noise, yaitu dengan mengkompres frekuensi-frekuensi yang kasar, memoles dan meratakan, menetapkan standar volume. Lalu langkah yang paling terakhir ialah langkah penyimpanan pada aplikasi.




DAFTAR PUSTAKA
https://drive.google.com/file/d/0BwJuRPj7sEtMWWRoUkpMMUFNUlE/view

           



21 komentar:

saviera
1 November 2016 pukul 05.58

terima kasih min, artikelnya sedikit membantu :)
diartikel ini penentu kualitas rekaman digital audio yaitu salah satunya ada sampling rate dan bit depth.
yang saya tau simpling rate adalah batas frekuensi (suara) yang dapat diterima perdetiknya. sedangkan bit depth adalah besarnya data yang terdapat di setiap detiknya, dan kecepatan untuk transfer bit depth di sebut bit rate.
dan yang ingin saya tanyakan, apakah bit depth akan mempengaruhi batas frequensi pada saat sampling rate?
Mohon jawabannya, terima kasih.

Rizky Falasany
1 November 2016 pukul 09.00

Artikel nya sangat membantu. Sedikit saran, coba untuk memasukkan gambar agar artikel nya lebih menarik untuk dibaca. Terima kasih

welcome to my blog
1 November 2016 pukul 09.21

Isi maupun penjelasannya cukup baik, penulisannya sudah baik, rapih, namun anda harus mengambil inti dari setiap penjelasan agar pembaca lebih spesifik mengerti apa yang ada dari setiap penjelasan/isi yg ada. Terima kasih.

Devins
1 November 2016 pukul 17.48

Artikelnya cukup baik penjelasannya, untuk lebih baik mungkin sedikit ditambahkan video untuk pada bagian Mixing dan Mastering agar bisa tau cara menghasilkan suara sound yang bagus dan cara mengolah sound agar yang dihasilkan lebih halus dan tidak noise, Terima Kasih.

muhammadbayuseptiawan
1 November 2016 pukul 18.02

Menurut saya penulisan sudah bagus, baik, rapih, tapi anda sebenernya harus mengambil inti dari setiap penjelasan agar pembaca lebih spesifik mengerti apa yang ada dari setiap penjelasan atau isi yg ada dan mohon mixing dan masterin bisa tau cara menghasilkan suara sound yang bagus dan cara mengolah sound agar lebih baik lagi. Terima kasih

Raviandi
1 November 2016 pukul 18.54

Sudah cukup bagus artikelnya lanjutkan penulisannya, tapi saya kasih masukan buat masukan gambar setiap nama contohnya, tulisannya juga semakin diperbaiki lagi supaya paragraf pertama menjoroknya atau tabnya lebih disamakan dengan yg lainnya tidak berbeda beda, dan intinya point pentingnya wajib di sisipkan pada akhir penulisan agar pembaca seperti saya mengerti arti dari tulisan yg anda tulis, baiknya tulisan anda ditambah kesimpulannya dan saran juga, trimakasih

ceny harianja
2 November 2016 pukul 04.41

Artikelnya sangat membantu dan cukup mudah untuk di pahami . terimakasih

sayblog
2 November 2016 pukul 04.42

terima kasih atas artikelnya yang cukup membantu, saran saya untuk penulisan diperhatikan lagi bahasanya menjadi bahasa baku dan pada penulisan diperhatikan untuk font agar tidak berbeda satu dengan yang lainnya serta memerhatikan tulisan yang typo. pada penempatan judul tidak perlu menggunakan bullets karna membuat tulisan yang kurang menarik .sekian saran dari saya semoga bisa membantu :) terima kasih

Blog Indra!
2 November 2016 pukul 06.53

Bagus sekali artikel ini karna dijelaskan pengertian musik & sejarahnya sehingga membuat para pembaca tidak hanya mengenal musik digital zaman sekarang tapi juga mengenal sejarahnya beserta alat perekam mulai dari dulu sampai sekarang.

Jehan
2 November 2016 pukul 07.36

penulisan anda cukup membantu saya dalam hal digital music namun jika ingin menarik berilah contoh setiap materi anda dan lebih diperdetail dengan gambar ataupun sejarahnya.

fikrialwan
2 November 2016 pukul 20.41

Artikelnya sangat bermanfaat bagi para pembaca namun sebaiknya disertakan saran dan kesimpulan pada penulisan tersebut

hustle
3 November 2016 pukul 08.09

Prnulisan yang anda buat sudah baik dan menarik sehingga para pembaca tertarik untuk membacanya namun lebih baik penulisan anda ditambah kesimpulan, saran dan beberapa gambar. Trimakasih....

Willy Ardo Octorada
4 November 2016 pukul 08.00

artikel yang sangat bermanfaat bagi orang awam yang tidak mengerti sama sekali tentang musik, tetapi agar pembaca tidak bosan alangkah baiknya diberi animasi atau gambar agar lebih menarik lagi. semoga saudara toba lebih baik lagi membuat artikel lainnya.

Arclightyo
4 November 2016 pukul 08.29

Susunan penulisan artikel sangat rapi. Dan artikel cukup berbobot. Tetapi mohon kiranya diberi contoh untuk Indie.

Unknown
4 November 2016 pukul 09.04

Penulisannya lumayan rapi dan jelas tapi point yang anda masukan kedalam penulisan anda kurang rapi jarak spacenya masih berbeda

Mukhaj blog
4 November 2016 pukul 09.07

penulisan anda sudah bagus, anda sudah memperhatikan Font pada bab dan sub bab sehingga pembaca bisa dengan mudah mencari bagian yang diinginkan. tapi sedikit saran sebaiknya anda lebih sering memasukan gambar ilustrasi pad apenulisan anda sehingga dapat dipahami oleh semua kalangan. dan sebaiknya ditambahkan kesimpulan agar pembaca yang belum paham pada penulisan anda bisa langsung memahami apa yang anda tulis.

Unknown
4 November 2016 pukul 09.35

Menurut saya penulisan anda sudah baik dan saya mengerti, tetapi anda harus lebih teliti lagi dengan jarak tabulasi kurang rapih, terimakasih.

puti megitasari
4 November 2016 pukul 09.40

Penulisannya sudah baik, rapih dan mudah dipahami. namun sebaiknya tambahkan gambar yang mendukung serta tambahkan kesimpulan agar pembaca bisa lebih mengerti inti dari penulisan anda. terimakasih

Unknown
4 November 2016 pukul 10.48

Penulisannya sudah cukup rapih dan juga cukup menarik untuk pembahasan materinya tapi kalau boleh saya beri saran kalo bisa tambahkan gambar agar lebih menarik juga kalo bisa pakai angka atau huruf untuk penanda pada setiap bagian baru.terima kasih

Anjas
4 November 2016 pukul 19.17

Trimakasih min atas postingannya. Sedikit masukan buat penulisan anda min. Toling sisipkan gambar pada setiap alat alat yg dipake pada musik. Agar saya bisa mengerti materi yg anda buat. Dan juga buat rangkuman dan titik point penting supaya saya mengerti inti langsung dari tulisan anda. Trimakasih min.

Unknown
5 November 2016 pukul 08.51

materi penuisan cukup baik,menarik dan singkat sehingga pembaca mudah mengerti dan pembaca juga tidak malas untuk membaca materi yang singkat namun padat.

Posting Komentar